Header Ads

10 Diskusi Wajib Dengan Pasangan Sebelum Menikah


Kamu sudah merasa siap untuk menikah?. Apakah sudah membahas hal- hal mendasar tentang pernikahan dengan calon pendamping hidup?. Atau jangan- jangan kamu hanya tahu hal- hal di permukaan saja tentang sebuah pernikahan. Tidak pernah telat untuk membahas hal- hal penting sebelum menikah dengan pasangan. Berikut ini checklist yang wajib kalian jadikan topik sebelum nanti resmi menikah.

1. Agama & Kepercayaan


Menikah dengan pasangan yang seagama atau berbeda agama bukanlah hal baru lagi. Tetapi ada baiknya bagi pasangan untuk saling memahami ideologi dan kepercayaan masing- masing. Setiap individu punya keyakinan tersendiri dengan pemahaman yang berbeda- beda dan nantinya bisa mempengaruhi prinsip hidup. Coba bahas lagi dan sejajarkan pandangan dari segi agama secara berdua.

2. Bahasa Cinta


Sudah tahu bahasa cinta pasangan?. Supaya pernikahan berjalan langgeng, ketahui dulu kompatibilitas kalian dengan mahir membaca dan berkomunikasi dengan bahasa cinta masing- masing. Ini akan mempermudah dalam penyelesaian jika suatu saat nanti terjadi konflik diantara pasangan.

3. Finansial


Mungkin salah satu topik terpenting yang tidak boleh luput dari setiap pasangan, banyak hal- hal mengenai keuangan yang harus didiskusikan secara mendetail. Mulai dari aset, daftar hutang, pengelolaan rumah tangga, asuransi, dana darurat, gaya belanja dan masih banyak lagi yang jika diabaikan bisa menjadi penyebab cekcok panjang antara suami istri.

4. Lokasi


Belum mantap menapak kaki di sebuah lokasi atau kota?. Masih menunggu keputusan soal lokasi rumah masa depan bersama?. Saatnya untuk diskusi tuntas mengenai lokasi tetap yang akan dijadikan akar bahtera rumah tangga. Ini akan bisa memantapkan langkah kalian untuk masalah karir, membesarkan anak, mencari sekolah dan masih banyak lagi.

6. Seks


Diskusi seputar seks ini bukan cuma masalah ranjang seperti posisi seks favorit atau frekuensi yang diharapkan nanti setelah berkeluarga. Tetapi juga tentang histori medis, sejarah kesehatan, ekspektasi, dan lain sebagainya.


5. Jumlah Anak


Apakah pasangan mau punya anak?. Jika iya, maka berapa jumlahnya?. Jika tidak, apakah pasti kamu akan bisa menerimanya atau sebaliknya?. Bagaimana jika nantinya kalian tidak bisa memiliki anak atau hamil diluar jadwal rencana?. Apa rencana dan gaya parenting yang akan diterapkan untuk mengasuh dan membesarkan anak?. Semuanya sangat penting sekali untuk dibahas, walaupun tidak sedetail mungkin setidaknya rencana besarnya sudah harus ada.

7. Keluarga Besar


Seberapa sering nanti pasangan akan menghabiskan waktu dengan keluarganya. Lalu bagaimana denganmu?. Apa dinamika yang akan berubah jika setelah menikah jika menyangkut keluarga besar, acara keluarga misalnya?. Ada baiknya jika aturan mendasar soal campur tangan keluarga dibicarakan secara jelas supaya keluarga kecil kalian aman dan bahagia.

8. Karir


Masing- masing individu punya komitmen pekerjaan yang berbeda. Supaya suami istri sepandangan, bahas dulu apa rencana jangka pendek dan jangka panjang terhadap karir masing- masing.

9. Kehidupan Sosial


Sudah menikah bukan berarti kalian kehilangan kehidupan sosial dan dunia pergaulan. Tetapi bagi masing- masing pasangan, tentu ada pandangan dan prinsip yang berbeda. Jadi tidak ada salahnya jika kalian membahas tentang ekspektasi pasangan tentang pergaulan dan gaya hidup sosial secara bersama.

10. Masa Depan


Terakhir, pembahasan ringan atau diskusi jangka panjang tentang gambaran masa depan bisa dijadikan topik menarik yang penuh harapan. Pasangan yang memasang target bersama tentu akan lebih mudah mencapainya pula. Saling berbagi harapan ini penting supaya perjalanan pernikahan tetap konsisten, aman, dan langgeng selalu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.